Mau Menjadi Pemberi Pinjaman Dana Alias Lender di P2P Lending? Ini Dia Caranya

  • Whatsapp

Jika tak bisa mendapatkan pinjaman dana dari bank atau lembaga keuangan lainnya, kini siapa pun bisa mempertimbangkan opsi ke peer to peer lending (P2P), atau fintech pendanaan bersama.

Cara kerja peer to peer lending berizin OJK memang berbeda dari pembiayaan yang sudah ada. Kita tidak perlu repot meminjam dari lembaga keuangan tapi di P2P Lending, Anda akan meminjam dari individu atau kelompok yang bersedia meminjamkan uang ke peminjam yang memenuhi syarat.

Read More

Fintech pendanaan yang hadir sejak tahun 2005 adalah sistem pinjaman dana yang dilakukan secara online. Jadi, platform ini memang memudahkan Anda untuk meminjam uang secara personal maupun untuk bisnis. Ataupun berinvestasi menjadi pendana , alias pemberi pinjaman dana. Setiap website fintech pendanaan bersama menetapkan harga dan persyaratan berbeda dalam tiap transaksinya.

Cara kerja fintech pendanaan bersama ternyata tidak seribet bank konvensional atau lembaga keuangan lainnya.

  • Anda melengkapi dan submit berkas aplikasi. Di langkah ini biasanya sudah termasuk pemeriksaan kredit.
  • Platform P2P Lending akan memberi nilai atau kategori risiko. Skor kredit Anda akan memengaruhi tingkat suku bunga yang akan diberikan.
  • Pendana P2P Lending akan mereview permintaan pinjaman dana.
  • Borrower menerima pinjaman dana.
  • Borrower melakukan pembayaran atas pinjaman dana tiap bulan.

Di dunia P2P Lending atau fintech pendanaan bersama ini, dikenal dua istilah yang sering dipakai lender (pendana) dan borrower (peminjam).

Sekarang ini, menjadi lender P2P Lending adalah hal yang paling banyak disukai oleh kaum milenial. Karena di sini, Anda akan menjadi pendana P2P Lending dalam artian Anda akan berinvestasi atas dana untuk dipinjamkan ke pihak borrower.

Apa syarat untuk menjadi pemberi pinjaman dana alias lender fintech pendanaan bersama?

Menjadi lender P2P Lending ternyata tak perlu menginvestasikan uang yang banyak. Anda bisa melakukan bisnis investasi terpercaya ini mulai dari Rp. 100.000,- per pinjaman, dengan kisaran bunga hingga 17% per tahun, adapun alternatif investasi bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan. Jadi tidak heran mengapa di tahun 2020, tingkat lender fintech pendanaan bersama naik pesat hingga 32,14%.

Apabila Anda tertarik menjadi pendana di fintech jenis ini, caranya sangatlah mudah. Tidak ada hal khusus ataupun proses ribet yang harus Anda penuhi.

Secara umum, syarat untuk menjadi pemberi pinjaman dana adalah sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia
  • Minimal umur 21 tahun
  • Punya penghasilan tetap (sudah memiliki pekerjaan tetap)
  • Sumber penghasilan yang jelas

Sedangkan prosedur lanjutannya, Anda harus mengunjungi website peer to peer lending yang terdaftar di OJK yang dipilih. Lalu, akan ada formulir, dan lengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *