5 Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Anak Penderita Diabetes Tipe 2

  • Whatsapp
5-jenis-makanan-yang-direkomendasikan-untuk-anak-penderita-diabetes-tipe-2
Foto: Canva.com pro

Orang dewasa dan anak-anak memiliki risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 atau kekurangan produksi insulin dalam tubuh. Kasus diabetes tipe 2 pada anak-anak disebabkan oleh faktor makanan manis, obesitas dan kurang aktivitas fisik. Orangtua yang memiliki riwayat diabetes juga menjadi faktor risiko diabetes tipe 2 pada anak sering terjadi. Penting mendidik anak untuk melakukan pola hidup yang sehat agar terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah

Diabetes tipe 2 bisa terjadi pada siapa saja, misalnya anak-anak, orang dewasa, wanita hamil, dan lansia. Usahakan Anda selalu update informasi seputar kehamilan untuk mencegah risiko diabetes tipe 2. Tak hanya menerapkan pola hidup sehat pada diri sendiri saja, Anda harus memantau gaya hidup si kecil. Jangan biarkan anak ngemil manis berlebihan hingga potensi obesitas semakin mempertinggi risiko terkena diabetes tipe 2.

Read More

Yuk, ganti pola makan anak dengan menu sehat yang bisa menurunkan kadar gula darah berikut!

1. Jagung

Beban glikemik jagung lebih rendah dibandingkan dengan nasi, lho! Tidak ada salahnya memberikan asupan makanan yang bisa mengendalikan kadar gula dalam darah si kecil.

2. Ubi jalar

Camilan berupa ubi jalar bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk menghentikan kebiasaan makan camilan yang mengandung pemanis buatan. Ubi jalar memiliki kandungan serat, vitamin A, C, dan kalium yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Sebaiknya hindari membuat camilan ubi jalar dengan cara digoreng, Anda bisa memilih cara yang lebih aman seperti direbus atau dipanggang, ya!

3. Beras merah

Ganti beras biasa Anda dengan menu beras merah yang mengandung glikemik lebih rendah. Kandungan vitamin dan mineral bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi buah hati tercinta.

4. Brokoli

Anak-anak mungkin benci dengan menu brokoli karena citarasa yang agak pahit. Namun, Anda wajib mengenalkan menu sayuran hijau pada anak agar bisa menghindari risiko komplikasi diabetes. Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan masalah penglihatan sehingga butuh antioksidan yang melindungi mata si kecil. Jika anak tidak suka brokoli, Anda bisa memberikan menu pengganti seperti bayam, sawi, kubis, dan lain-lain.

5. Kacang-kacangan

Jangan biarkan anak makan camilan yang terlalu manis terus menerus seperti permen, coklat, atau minuman bersoda. Ganti camilan anak yang terdiagnosa diabetes tipe 2 dengan menu kacang-kacangan yang lebih sehat. Jenis kacang yang bisa dikonsumsi si kecil antara lain kacang almond, kacang mete, kacang kenari, kacang tanah, dan masih banyak pilihan lain.

Jangan lupa untuk rutin mengajak anak melakukan olahraga setiap hari, ya! Kurang gerak menjadi pemicu diabetes tipe 2 pada anak lebih parah. Pastikan anak mendapatkan obat-obatan antidiabetes dari dokter, kecuali anak mengalami tingkat diabetes lebih parah perlu melakukan terapi insulin.

 

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/diabetes-pada-anak-penyebab-risiko-dan-gejala
  • https://hellosehat.com/diabetes/makanan-untuk-penderita-diabetes/#gref

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *