4 Tips Agar Anda Tetap Produktif Selama Masa Pandemi

  • Whatsapp

Jangan takut untuk menyukai hobi mahal yang Anda miliki selama ini. Pasalnya tidak semua orang berani mengakui bahkan menggeluti hobi tersebut. Kriteria hobi atau kegiatan yang paling disukai masuk dalam predikat “mahal” bisa dilihat dari kebutuhan finansialnya. Jika kerap membuat Anda menghabiskan uang dalam dompet, maka bisa dipastikan Anda menekuni hobi tipe ini.

Membahas masalah hobi tidak bisa terlepas dari selera masing-masing individu. Seringkali ditemukan pemandangan dalam suatu keluarga atau dalam lingkup lebih kecil, seperti contoh saudara kembar sekalipun memiliki hobi berbeda.

Read More

Ada yang sangat tertarik berada di depan layar, seperti menyukai dunia tarik suara, menari, membaca berita dll. Ada beberapa orang yang senang menulis, membuat desain, mengolah data, dan banyak hal lain yang menekankan pada aspek ketelitian dan sikap telaten.

Produktif di masa pandemi

Melakukan kegiatan yang disukai akan membuat waktu berjalan terasa lebih cepat dari biasanya. Nah, masa pandemi seperti saat ini Anda mendapat tambahan waktu dan fleksibilitas lebih karena banyak hal dilakukan secara online atau virtual. Pepatah mengatakan waktu adalah uang, sehingga sangat merugi orang-orang yang menyia-nyiakannya. Anda harus memiliki komitmen untuk lebih produktif pada waktu pandemi melanda.

Kebingungan atau belum menemukan cara tepat untuk tetap produktif saat pandemi? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Disiplin waktu

Masa pandemi mengakibatkan kegiatan di luar ruangan sebisa mungkin dikurangi dengan pengalihan pada media online atau dalam jaringan (daring). Hal tersebut membuat waktu menjadi lebih fleksibel namun tetap membutuhkan kedisiplinan waktu. Hindari rebahan dan bermalas-malasan setiap saat agar Anda menjadi tetap produktif. Lakukan semua kegiatan sesuai porsi kebutuhan dan usahakan agar selalu disiplin.

2. Membuat to do list

To do list atau bisa disebut jadwal kegiatan harian akan sangat membantu Anda mengoptimalkan waktu selama pandemi. Jadwal kegiatan ini dimulai dari pagi dan berakhir di malam hari.

Anda bebas membuat jadwal dengan format bagaimana, bisa dengan menulis kegiatan secara garis besar atau malah menulis dengan sangat rinci. Yang terpenting adalah melakukannya, karena percuma saja jika bersusah payah membuat jadwal namun tidak dipenuhi.

3. Mencari pekerjaan part-time

Jika Anda sedang fokus untuk mencari uang untuk memenuhi kebutuhan atau mengisi tabungan di masa pandemi, bekerja part-time dapat menjadi solusinya.

Part-time atau paruh waktu adalah pekerjaan yang tidak menuntut waktu cukup lama, seperti pada jam atau periode tertentu. Cobalah mulai mengikuti akun tentang info kerja paruh waktu dan sesuaikan dengan keahlian atau bahkan hobi mahal Anda. Bukankah sangat mengasyikkan mendapat pekerjaan yang sesuai dengan kesukaan dan hobi Anda?

4. Olahraga

Masa pandemi berpeluang besar membuat Anda stress dan merasa bosan melakukan kegiatan dalam rumah. Salah satu cara mengobati rasa bosan dan stress adalah dengan berolahraga. Dengan olahraga, tubuh akan memiliki metabolisme yang baik dan meningkatkan mood.

Cobalah melakukan olahraga rutin selama 30 menit dengan intensitas 3-4 kali seminggu. Anda akan merasa lebih fokus melakukan kegiatan-kegiatan lain, dan yang terpenting menjadi tetap menjadi produktif.

Melihat masa pandemi dari sisi positif ternyata memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah waktu yang fleksibel. Penuhi waktu Anda dalam masa pandemi dengan 4 tips produktif di atas. Mengasah kesukaan dan hobi mahal juga dapat dilakukan saat pandemi karena akan membuat Anda lebih mengetahui kemampuan diri sendiri.

SUMBER :

  • https://www.suara.com/health/2020/11/27/200617/idai-beri-7-tips-tetap-produktif-di-masa-pandemi-virus-corona?page=all
  • https://yoursay.suara.com/lifestyle/2020/12/03/125541/tips-agar-tetap-produktif-selama-pandemi
  • https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13395/Tetap-Aktif-dan-Produktif-di-Masa-Pandemi.html
  • https://iteba.ac.id/blog/produktif-kreatif-di-tengah-pandemi/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *