3 Pertimbangan Penting Sebelum Melakukan Kredit Motor

  • Whatsapp
3-Pertimbangan-Penting-Sebelum-Melakukan-Kredit-Motor

Selalu diandalkan dalam menembus kemacetan, motor masih menjadi favorit banyak kalangan. Perawatan yang mudah dan murah membuat kendaraan roda dua ini semakin diminati. Terlebih ketika kemunculan jasa ojek online mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, dimana peluang tersebut kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang untuk turut menjadi driver ojek online. Bahkan yang belum memiliki motor pun mulai melirik kredit motor.

Ya, bagi Anda yang memiliki kemampuan finansial yang stabil mungkin tidak akan kesulitan untuk membeli motor secara tunai. Namun jika kondisi keuangan masih pas-pasan, tentu Anda cukup pusing memikirkan bagaimana caranya Anda bisa memiliki motor dengan budget terbatas.

Read More

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak dealer yang menawarkan sistem kredit syariah dan diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin membeli motor dengan cara mengangsur atau mencicil namun tetap sesuai dengan syariat Islam. Meski begitu, bukan lantas Anda bisa dengan mudah mengambil kredit tanpa pertimbangan yang matang. Sebab, ketika Anda memutuskan untuk membeli motor secara kredit, itu artinya Anda memiliki kewajiban untuk mengangsur di setiap periode tertentu.

Pertimbangan sebelum melakukan kredit

Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan kredit motor? Berikut rangkumannya untuk Anda.

1. Tentukan jenis motor sesuai kebutuhan

Meski belum memiliki motor pribadi, pasti Anda sudah sering melihat berbagai jenis motor yang sering memadati jalan raya. Setiap jenisnya mempunyai keunggulan yang akan memudahkan penggunanya. Sama, di dealer nanti Anda juga akan menemukan berbagai pilihan motor.

Oleh karena itu, mulailah mencari informasi tentang jenis-jenis motor yang ada. Selanjutnya pilihlah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Apabila Anda membutuhkan motor untuk membuka layanan jasa ojek, Anda bisa memilih motor yang bisa dikendarai di jalan raya dan memudahkan Anda mengantar penumpang. Hindari memilih motor hanya untuk gaya-gayaan, ya.

2. Memilih dealer terpercaya

Setelah menentukan jenis motor yang akan dibeli, Anda bisa mulai melirik dealer-dealer yang menawarkan pembelian secara kredit syariah. Dari beberapa dealer yang Anda temukan, pilah kembali mana yang paling kredibel dan syarat-syarat kredit motor yang diberikan mudah Anda penuhi.

Mengingat kali ini Anda akan membeli motor dengan sistem kredit, maka nanti Anda akan berurusan dengan pihak dealer dalam jangka waktu yang lama, yakni sesuai dengan periode kredit yang Anda ambil. Oleh karena itu penting untuk mengandalkan dealer terpercaya agar kedepannya Anda tidak mengalami kendala yang berarti karena sistem yang diterapkan jelas dan memudahkan.

Mengetahui kredibilitas dealer juga bertujuan untuk memastikan nantinya Anda akan mendapatkan surat-surat yang lengkap.

3. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Selanjutnya, Anda juga perlu menyesuaikan kredit yang diambil dengan kemampuan finansial Anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membeli motor secara kredit mengharuskan Anda untuk membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan kesepakatan yang ditentukan.

Nah, pilihlah nominal angsuran yang tidak akan memberatkan sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan secara rutin.

Demikianlah 3 hal penting yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum melakukan kredit motor. Sebagai bentuk kehati-hatian, Anda memang disarankan untuk memilih kredit yang menerapkan sistem syariah. Dengan begitu kredit yang diambil masih sesuai dengan aturan-aturan syariat Islam. Jadi, selain akan mendapatkan motor dengan budget terbatas, diharapkan motor yang dibeli juga membawa keberkahan. Terlebih kali ini Anda melakukan pembelian motor untuk memanfaatkannya sebagai alat untuk mencari penghasilan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *